Analisis Pelaksanaan Pelayanan Publik di Puskesmas Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu
Abstract
Puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan dasar yang sangat penting di Indonesia serta unit yang strategis dalam mendukung terwujudnya perubahan status kesehatan masyarakat menuju peningkatan derajat kesehatan yang optimal. Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal tentu diperlukan upaya pembangunan sistem pelayanan kesehatan dasar yang mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat selaku konsumen dari pelayanan kesehatan dasar tersebut. Akan tetapi tidak semua puskesmas memenuhi standar pelaksanaan pelayanan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar pelaksanaan pelayanan publik di Puskesmas Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, dimana penelitian ini dilakukan pada Selasa tanggal 23 April 2024 sampai dengan Sabtu tanggal 18 Mei 2024. Metodologi yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya melalui wawancara/interview, observasi dan dokumentasi, adapun pelayanan publik dimaksud disini adalah penulis menggunakan berdasarkan pada Kep. MENPAN No. 63/ΚΕΡ/Μ.ΡΑΝ/7/2003 tentang pedoman penyelenggaraan pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar pelaksanaan pelayanan publik di Puskesmas Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu sudah cukup optimal karna pada prosedur pelayanan yang sudah cukup jelas, dapat dilihat pada bagian poli masing-masing, waktu penyelesaian pelayanan lama atau tidaknya dapat dilihat dari jumlah pasien dan keperluannya, pada biaya pelayanannya sudah terperinci dengan jelas, transparan, dan mengacu pada Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Nomor 16 Tahun 2011. Dilihat dari 4(empat) indikator standar pelaksanaan pelayanan publik, bahwa indikator paling lemah pada bagian sarana dan prasarana yang dimana sarana pada ruang laboratorium masih belum lengkap dan ada beberapa peralatan medis maupun non medis belum terpenuhi seluruhnya. Saran dalam penelitian ini perlunya melengkapi sarana dan
References
Brown, Lisanne & Anne Lafond & Kate Macintyre.Measuring Capacity Building.Measure Evaluation.Carolina Population Center. 2001.
Daryanto dan Setyobudi, Ismanto.Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media. 2014.
Dewi, D. A. 2022. Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) Terhadap Kepuasan Pasien Unit Hemodialisa Rumah Sakit Umum Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Skripsi. Prodi Ilmu Komunikasi Fakultasfakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Harmen, E. L. 2023. Pelayanan Prima Kesehatan Rumah Sakit dalam Memenuhi Kepuasan Pasien (Literature Review). Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1),29–36. Retrieved from https://isora.tpublishing.org/index.php/isora/article/view/6
Komar.Pelayanan Prima. Jakarta: Pustaka Ilmu. 2008.
Keputusan Menteri pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Lexy J. Moleong.Metedologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.
Napitulu, Paimin. Pelayanan Publik & Customer Satisfaction. Bandung: PT. Alumni. 2007.
Nurhasyim.Pelayanan Prima. Jakarta: Graha Ilmu. 2004.
Sutopo dan Adi Suryanto.Pelayanan Prima. Bandung: Nuansa. 2003.
Sugiyono.Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Alfabetha: Bandung. 2012.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik