FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN LABA SEBAGAI RESPON ATAS PERUBAHAN TARIF PAJAK PENGHASILAN BADAN 2008 DI INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018)
(STUDI PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif pajak, insentif non-pajak dengan proksi earning pressure dan persentase jumlah saham disetor terhadap manajemen laba pada perusahaan go publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018 secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif Kuantitatif dan dilakukan dengan menggunakan data sekunder berupa data laporan keuangan perusahaan selama tahun 2016 sampai tahun 2018. Dengan mengunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling (berdasarkan tujuan), diperoleh tujuan sampel perusahaan sesuai kriteria yakni perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan pada periode 2016 sampai 2018. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Regresi Data Panel. Perhitungan manajemen laba menggunakan rumus jones yang dimodifikasi. Hasil penelitian yaitu (a) secara parsial insentif pajak dengan proksi perencanaan pajak (X1) berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, insentif non-pajak dengan proksi earning pressure (X2) berpengaruh terhadap manajemen laba dan persentase jumlah saham disetor (X3) tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan go publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. (b) Nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) adalah sebesar 0,442 yang berarti bahwa variasi perubahan variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sebesar 44,2% dan sisanya sebesar 55,8% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model dalam penelitian ini.
Kata kunci : Insentif Pajak, Insentif Non-Pajak, Persentase Jumlah Saham Disetor, Manajemen Laba