PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK DAN DIFERENSIASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA TOKO MIMI CAKE UNIT GUDANG GARAM BATURAJA)

(STUDI PADA TOKO MIMI CAKE UNIT GUDANG GARAM BATURAJA)

  • Siti Lestari Ambarwati Program Studi Akuntansi Universitas Baturaja
  • Mardiah Kenamon Program Studi Akuntansi Universitas Baturaja
  • Nazipawati Nazipawati Program Studi Akuntansi Universitas Baturaja
Keywords: Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Kualitas Pelayanan, Keunggulan Bersaing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi diferensiasi produk dan diferensiasi kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing pada Toko Mimi Cake Unit Gudang Garam Baturaja. Data yang digunakan adalah data primer berbentuk kuesioner. Sampel sebanyak 100 responden ditentukan dengan teknik sampling kuota. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa  hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan bahwa strategi diferensiasi produk dan diferensiasi kualitas pelayanan berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keunggulan bersaing pada Toko Mimi Cake Unit Gudang Garam Baturaja. Besarnya nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,978. Hal ini menunjukan bahwa kontribusi atau sumbangan variabel strategi diferensiasi produk dan diferensiasi kualitas  pelayanan terhadap keunggulan bersaing pada Toko Mimi Cake Unit Gudang Garam Baturaja sebesar 97,8% sedangkan sisanya sebesar 2,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini yaitu strategi biaya rendah.

Kata Kunci: Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Kualitas Pelayanan, Keunggulan bersaing.

This study aims to determine the Influence of Product Differentiation Strategy and Quality Service Differentiation to the Competitive Advantage in Mimi Cake Store Gudang Garam Unit Baturaja. Data used is primary data in the form of questionnaire. The sample of 100 respondents is determined by quota sampling technique. The analysis tool used is multiple linear regression analysis. The result of data analysis shows that the result of multiple regression analysis shows that product differentiation strategy and service quality differentiation have influence both partially and simultaneously to competitive advantage at Mimi Cake store Gudang Garam Unit Baturaja. The amount value of determination coefficient (R Square) is equal to 0,978. This shows that contribution or contribution variable of product differentiation strategy and service quality differentiation to competitive advantage at Mimi Cake Store Gudang Garam Unit  Baturaja is 97,8% while the rest of 2,2% influenced or explained by other variable which is not included in this research model like The low cost strategy.

Keywords: Product Differentiation Strategy, Service Quality Differentiation, Competitive Advantage.

Author Biographies

Siti Lestari Ambarwati, Program Studi Akuntansi Universitas Baturaja

Nama: Siti Lestari Ambarwati

Email: tarii1234@gmail.com

Program Studi Akuntansi Universitas Baturaja

Mardiah Kenamon, Program Studi Akuntansi Universitas Baturaja

Nama: Mardiah Kenamon

Email: kenamonmardiah@gmail.com

Program Studi Akuntansi Universitas Baturaja

Nazipawati Nazipawati, Program Studi Akuntansi Universitas Baturaja

Nama: Nazipawati

Email: zipabta@gmail.com

Program Studi Akuntansi Universitas Baturaja

Published
2025-05-17
Section
Articles