DAYA SAING TOYOTA DAN HONDA DALAM STRUKTUR PASAR INDUSTRI KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT ATAU LEBIH DI INDONESIA
Abstract
Industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Persaingan antara Toyota dan Honda dalam penguasaan pasar apakah akan memicu terjadinya pergeseran struktur pasar industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih di indonesia. Penelitian ini berfokus pada penjualan Toyota dan Honda serta penguasan pasar mereka di industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing Toyota dan Honda dalam struktur pasar industri kendaraan bermotor atau lebih di Indonesia dengan mengukur daya saing Toyota dan Honda dengan Pertumbuhan Penjualan dan struktur pasar industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan metode Concentration Ratio (CR4). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa daya saing Honda lebih besar dibandingkan dengan Toyota dan struktur pasar industri kendaraan bermotor roda empat di indonesia tahun 2015-2019 termasuk dalam pasar oligopoli penuh sedangkan tahun 2020 struktur pasarnya termasuk pasar oligopoli moderat tinggi. Industri kendaraan bermotor atau lebih di indonesia memiliki pasar persaingan oligopoli yang dikuasai oleh Toyota, Honda, Daihatsu dan Suzuki, Sehingga sangat diperlukan pembenahan supaya industri ini menjadi lebih kompetitif.
Kata Kunci: Daya Saing, Struktur Pasar, CR4