Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI

  • Johan Eka Wijaya Universitas Baturaja
  • Halimatus Sakdiyah SD N 23 OKU
  • Juhaidatur Rahmi SD N 23 OKU
  • Imam Nasrullah SD N 23 OKU

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran matematika kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Metode yang digunakan adalah metode prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Dari hasil validasi, ahli media mendapatkan presentase 83,6% dengan kriteria “Baik”, ahli desain mendapatkan presentase 79% dengan kriteria “Baik”, ahli materi 1 mendapatkan presentase 87,5% dan ahli materi 2 mendapatkan presentase 88% dengan kriteria “Baik”. Pada evaluasi orang per orang (one to one evaluation) terdiri dari 3 orang siswa telah diperoleh presentase 97,6% dengan kriteria “Baik Sekali”, evaluasi kelompok kecil (small group evaluation) terdiri dari 6 orang mendapatkan presentase 96,8% dengan kriteria “Baik Sekali”, kemudian uji coba lapangan (field test evaluation) terdiri dari 73 orang siswa mendapatkan presentase 94,3% dengan kriteria “Baik Sekali”.

References

A. Pane and M. Darwis Dasopang, “Belajar Dan Pembelajaran,” FITRAHJurnal Kaji. Ilmu-ilmu Keislam., vol. 3, no. 2, p. 333, 2017, doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

J. Kuswanto, J. Dapiokta, C. Kurniawan, A. Fitriani, and A. Warahmah, “Development of Android-Based Learning Media Computer Graphics Courses,” Tak. J. Educ. Teach., vol. 1, no. 2, pp. 13–22, 2022.

J. E. Nandini, S. U. Dillah, M. I. Maulidan, M. E. D. Syaputra, M. I. A. Rabani, and J. Kuswanto, “ANALYSIS AND DESIGN OF ANDROID-BASED LEARNING MEDIA ON THE SUBJECTS OF THE FINE ARTS 3D,” in PROCEEDING OF SEMINAR ON LANGUAGE, EDUCATION, AND TECHNOLOGY, 2022, vol. 1, no. 1, pp. 145–152.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.

J. Kuswanto, “Modul Interaktif Mata Pelajaran Matematika Kelas VII,” J-PiMat J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 567–574, 2022.

Hasratuddin, “Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter,” Didakt. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 30–42, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

J. Kuswanto, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak,” J. Ilm. Edutic Pendidik. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 11–18, 2021, doi: 10.21107/edutic.v8i1.10470.

P. Diamar, J. Kuswanto, and J. Dapiokta, “Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII,” J. BaJET (Baturaja J. Educ. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 200–206, 2019, doi: 10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131.

G. C. S. Dwiqi, I. G. W. Sudatha, and A. I. W. I. Y. Sukmana, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V,” J. Edutech Undiksha, vol. 8, no. 2, p. 33, 2020, doi: 10.23887/jeu.v8i2.28934.

Baharuddin, A. Halimah, Nursalam, and L. A. Mattoliang, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia The Development Of Multimedia-Based InteractiveLearning Media,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 97–110, 2020.

Published
2023-06-30