Menentukan Pemilihan Motor Honda Dengan Metode Mamdani

  • Eva Erissindiya Oktiana Universitas Baturaja
  • Muhammad Khadafi
  • Ego Andapik

Abstract

PT Astra Honda Motor merupakan perusahaan dealer motor dijln Dr.M.Hatta Lintas Sumatra, Kab.oku. Dalam melakukan kegiatannya, PT Astra Honda Motor perlu mempertimbangkan beberapa faktor pada saat melakukan pembelian motor. Namun, PT Astra Honda Motor masih menggunakan cara manual dalam pengambilan keputusan terhadap pembelian motor tersebut. Hal ini dapat menimbulkan kerugian terhadap perusahaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu pada pengambilan keputusan dalam pembelian motor. Dalam penelitian ini, pengambilan keputusan untuk membeli motor dilakukan dengan menggunakan logika fuzzy metode Mamdani. Dengan adanya sistem pengambilan keputusan dalam pembelian motor, diharapkan dapat membantu dan mempermudah PT Astra Honda Motor dalam mengambil keputusan untuk membeli motor. Hasil dari penelitian ini dapat dilihatkan bahwa proses dari Matlab motor Beat menunjukkan 23.3% dan hasil defuzzifikasi hitung manual motor Beat menunjukkan 24.049%, proses dari Matlab motor Vario menunjukkan 79.4% dan hasil defuzzifikasi hitung manual motor Vario menunjukkan 83.88%, proses dari Matlab motor Supra menunjukkan 23.2% dan hasil defuzzifikasi hitung manual motor Supra menunjukkan 21.049%. jadi hasil ini menunjukan motor Vario yang akan di beli.

References

J. Nasir and J. Suprianto, “Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika V3,” vol. 2, pp. 177–186, doi: 10.22202/jei.2017.v3i2.1962.

D. A. Marpaung and M. Marbun, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tingkat Kecanduan Masyarakat Terhadap Rokok dengan Metode Fuzzy Mamdani,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, 2021.

S. Silvilestari, “Expert System Logika Fuzzy Penentuan Proses Penanaman Bibit Unggul Kayu Manis dengan Metode Mamdani,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 3, no. 3, pp. 141–147, Dec. 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1014.

N. Jarti, “IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY UNTUK PEMILIHAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DENGAN METODE MAMDANI,” 2018

J. Kuswanto, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. CV. Mitra Cendekia Media, 2022.

Published
2023-12-31