PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang menggunakan model pembelajaran berbasis web (e-learning) melalui metode kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 500 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021, dan teknik dalam penentuan sampel adalah sampling purposive. Sampel penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 10 Palembang dengan jumlah 72 orang, kelas MIA 2 dengan jumlah siswa 36 orang yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol, dan kelas MIA 1 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian ini adalah saat pelaksanaan pretest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 56,47, dan pada kelas eksperimen sebesar 55,86. Pada saat pelaksanaan posttest nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol sebesar 76,94, dan pada kelas eksperimen sebesar 88,11. Terdapat peningkatan sebesar 11,17. Pada perhitungan N-Gain, siswa kelas eksperimen yang memperoleh nilai dengan kriteria tinggi yaitu sebesar 88,11 sedangkan kelas kontro 76,54. Berdasarkan uji t-p-value < Sig. (2 tailed), diperoleh hasil 0,000<0,05. Jadi dapat dinyatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis web (e-learning) berpengaruh dari pada model konvensional siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang.