Pembinaan Guru Matematika dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berkarakter melalui Supervisi Individual Pendekatan SANI di SMP
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah: (1) menginformasikan kepada guru matematika tentang cara menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika SMP yang berkarakter, dan (2) memberikan pembinaan terhadap guru matematika oleh pengawas akademik matematika dalam menyusun RPP berkarakter melalui supervisi individual pendekatan SANI (santun, terbuka, dan komunikatif). Melalui supervisi individual pendekatan SANI, maka terjadi percakapan, dialog, dan tukar pikiran antara supervisor dengan guru matematika secara santun, terbuka, dan komunikatif dalam masalah penyusunan RPP matematika SMP berkarakter. Dalam makalah ini diuraikan tentang: (1) pengintegrasian nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam proses pembelajaran, (2) penyusunan RPP matematika SMP berkarakter, dan (3) pembinaan guru matematika oleh pengawas akademik matematika dalam menyusun RPP matematika SMP berkarakter melalui supervisi individual pendekatan SANI.