Pengembangan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Karya Sastra dan Strategi Literature Circles

  • Universitas Baturaja
Keywords: pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Inggris, karya sastra, literature circles

Abstract

Pendidikan karakter bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diintegrasikan ke dalam program pembelajaran. Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran merupakan suatu strategi untuk menghasilkan lulusan yang siap dan mampu berkompetisi di era global. Dengan dasar ini, inovasi pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai karakter penting dilakukan. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, inovasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan karya sastra dan strategi literature circles. Karya sastra dalam pembelajaran bahasa Inggris tidak hanya memberikan model untuk penguasaan keterampilan berbahasa, namun juga menawarkan pemahaman dan kesadaran akan budaya yang tersaji dalam berbagai bentuk konteks ceritanya. Penggunaan karya sastra dalam pembelajaran bahasa Inggris juga akan lebih bermakna apabila disertai dengan strategi pembelajaran yang inovatif pula. Literature circles, salah satu strategi pembelajaran berbasis cooperative learning, adalah strategi yang mampu megeksplorasi mahasiswa untuk bekerja sama dan berinteraksi dalam memahami isi cerita dalam suatu karya sastra. Oleh karena itu, makalah ini akan membahas peranan karya satra dan strategi literature circles dalam pengembangan karakter mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Published
2015-01-01