Pembinaan Guru Bahasa Inggris dalam Menyusun Silabus Berkarakter melalui Lokakarya di SMP
Abstract
Pembangunan karakter yang merupakan upaya perwujudan amanat Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dilatarbelakangi oleh realita permasalahan kebangsaan yang berkembang saat ini. Oleh karena itu, tujuan penulisan ini adalah: (1) menginformasikan kepada guru bahasa Inggris tentang cara menyusun silabus bahasa Inggris SMP yang berkarakter, dan (2) memberi cara alternatif pembinaan guru bahasa Inggris oleh pengawas akademik bahasa Inggris dalam menyusun silabus bahasa Inggris berkarakter melalui lokakarya di SMP. Lokakarya merupakan pertemuan ilmiah yang kecil, bersifat kelompok, dan dapat melibatkan beberapa guru bahasa Inggris SMP dalam satu kabupaten, dengan tujuan untuk memecahkan masalah dalam penyusunan silabus bahasa Inggris SMP berkarakter. Dalam makalah ini diuraikan tentang: (1) penyusunan silabus bahasa Inggris SMP berkarakter, dan (2) alternatif pembinaan guru bahasa Inggris oleh pengawas akademik bahasa Inggris dalam menyusun silabus bahasa Inggris SMP berkarakter melalui lokakarya.