Pengajaran Sastra dan Pembinaan Karakter Mahasiswa
Abstract
Sastra adalah suatu bentuk kegiatan manusia yang tergolong pada karya seni yang menggunakan bahasa sebagai bahan. Bahasa merupakan karakteristik sastra sebagai karya seni. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan mengapa pembelajaran sastra selalu dikaitkan dengan pembelajaran bahasa. Jika seseorang mempelajari sastra maka ia berharap dengan bahasa yang dipergunakan dalam karya sastra tersebut. Sastra bisa menjdi media stategis untuk mewujudkan tujuan mulia. Melalui karya sastra, mahasiswa bisa melakukan olah rasa, batin, dan olah budi secara intens sehingga secara tidak langsung mahasiswa memiliki perilaku dan kebiasaan positif melalui proses apresiasi dan berkreasi melalui sastra. Sejatinya sastra bisa digunakan sebagai media penyampaian pendidikan karakter tidak hanya pada tataran kognitif sja, melainkan menyentuh pada internalisasi, dan pengalaman nyata dalam kehidupan mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Jika pengajaran dilakukan secara tepat maka pengajaran sastra dapat memberikan sumbangan yang besar untuk memecahkan masalah-masalah nyata yang cukup sulit untuk dipecahkan di dalam masyrakat. Masalah-masalah nyata yang terdapat dalam masyarakat adakalanya tercermin dalam sebuah karya sastra, yang disampaikan dengan bahasa yang indah. Bahasa dalam karya sastra menjadi sarana yang tepat untuk memberikan solusi atau alternatif pemecahan masalah tersebut. Nilai-nolai dalam karya sastra dapat menjadi sarana pendidikan dan pembinaaan akhlak atau karakter mahasiswa