Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Sudah tidak asing lagi bagi kita ketika menyaksikan perilaku menyimpang seperti: tawuran antar pelajar, bentrok antar warga, penyalahgunaan narkotika, pergaulan bebas, korupsi, kriminalitas, kerusakan lingkungan, dan berbagai tindakan patologi social lainnya, hal ini menambah deretan permasalahan bangsa yang dihadapi. Menurut para pakar, berbagai tindakan patologi sosial yang terjadi di negeri ini, menunjukkan indikasi adanya masalah akut dalam bangunan karakter bangsa. Karenanya, pembangunan karakter bangsa, menjadi sangat berarti dan mendesak untuk segera dilakukan. Dalam proses pendidikan, guru tidak hanya menjalankan fungsi alih ilmu pngetahuan (transfer of knowledge) tapi juga berfungsi untuk menanamkan nilai (value) serta membangun karakter (Character Building) peserta didik secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Di sinilah guru dituntut untuk menjadi model dengan memberikan yang terbaik buat anak-anak kita dan menjadi contoh sekaligus motivator dan inspirator sehingga peserta didik akan lebih tertarik dan antusias dalam belajar, sehingga hasil belajar yang didapat berdaya guna dan berhasil. Banyak anak-anak yang sukses karena melihat figur gurunya yang bersahaja, tegas, dan berwibawa. Mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang juga di ujikan dalam ujian nasional. Oleh karena itu, guru harus berperan aktif dalam pembelajaran tidak hanya memberikan materi pelajaran Bahasa Inggris dan menanamkan perilaku yang baik di kelas, sekolah dan masyarakat melalui stratgei pembelajaran yang berkarakter. Artikel ini menjelaskan tentang pendidikan karakter pada pembelajaran Bahasa Inggris.