Pendidikan dan Pembentukan Karakter dengan Pembelajaran Jurnal Kepribadian
Abstract
Dunia pendidikan yang secara filosofis dipandang sebagai alat atau wadah untuk mencerdaskan dan membentuk watak manusia agar lebih baik (humanisasi), sekarang sudah mulai bergeser atau disorientasi. Demikian terjadi salah satunya dikarenakan kurang siapnya pendidikan untuk mengikuti perkembangan zaman yang begitu cepat. Sehingga pendidikan mendapat krisis dalam hal kepercayaan dari masyarakat, dan lebih ironisnya lagi bahwa pendidikan sekarang sudah masuk dalam krisis pembentukan karakter (kepribadian) secara baik. Menurunnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia merupakan akibat sumber daya manusia Indonesia kurang mampu bersaing dan kurangnya akan nilai moral dan karakter . Hal ini pula disebabkan pendidikan dan pengembangan nilai moral dan karakter sumber daya manusia di saat masih menjadi peserta didik kurang terjalin dengan baik. Tanpa pendidikan sama sekali mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang dengan cita-cita untuk maju, sejahtera, dan bahagia menurut konsep pandangan hidupnya. Maka dari itu melalui proses metode belajar diharapkan kelak proses perbaikan pembangunan sumber daya manusia dapat tertanamkan dengan baik. Namun perlu dilakukan metode pendidikan dan pengembangan nilai moral dan karakter sehingga lebih terserap dengan baik dan mampu menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Jurnal kepribadian adalah metode pembelajaran dengan menuliskan sikap dan tingkah laku sehari-hari yang sesuai dengan nilai moral dan nilai-nilai karakter. Disini peran guru sangat penting dimana guru menjelaskan terlebih dahulu tentang nilai moral dan nilai-nilai karakter. Disini Jurnal kepribadian dimasukkan sebagai metode pembelajaran supaya kebiasaan-kebiasaan melalui jurnal kepribadian akan membawa dampak positif kedepannya