Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Zaman (Strategi dan Indikator Pencapaiannya)
Abstract
Pendidikan karakter bukanlah hal baru dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia, sejak lama pendidikan karakter ini telah menjadi bagian penting dalam misi kependidikan nasional walaupun dengan penekanan dan istilah yang berbeda. Dengan perubahan zaman dan arus globalisasi problematika menjadi sangat kompleks. Globalisasi disebabkan perkembangan teknologi, kemajuan ekonomi dan kecanggihan sarana informasi. Esensial pendidikan yang memiliki dua misi utama yaitu “transfer of values” dan juga “transfer of knowledge”. Tugas pendidikan harus mampu melakukan proses; pertama pewarisan nilai-nilai, kedua membantu individu memilih peran sosial dan mengajari untuk melakukan peran tersebut, ketiga memadukan beragam identitas individu ke dalam lingkup kebudayaan yang lebih luas, keempat harus menjadi sumber inovasi sosial. Sasaran yang harus dibidik dalam pendidikan karakter adalah; Pertama kognitif, mengisi otak, mengajarinya dari tidak tahu menjadi tahu; Kedua, afektif, yang berkenaan dengan perasaan, emosional, pembentukan sikap di dalam diri pribadi seseorang; Ketiga, psikomotorik, adalah berkenaan dengan aktion, perbuatan, prilaku, dan seterusnya.