MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PERIPHERAL DAN TROEBLESHOOT

  • Johan Eka Wijaya DN Universitas Baturaja
  • Yamanto Isa Universitas Baturaja
  • Meliana Sari Universitas Baturaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Android  pada mata kuliah Peripheral and Troebleshoot. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah metode prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Dari hasil expert review, ahli media memberikan nilai 87% dengan kategori “Baik Sekali”. Ahli desain memberikan nilai 78% dengan kategori “Baik”. Dan ahli materi memberikan nilai 76% dengan kategori “Baik”. Pada uji coba produk skala perorangan dengan objek penelitian 3 orang responden yaitu mahasiswa semester II kelas A.2.1 pada mata kuliah Peripheral and Troubleshoot diperoleh nilai 89,75% dengan kategori “Baik Sekali”. Uji coba kelompok kecil dengan objek penelitian 6 orang responden yaitu mahasiswa semester II kelas A.2.1 pada mata kuliah Peripheral and Troubleshoot memperoleh nilai 86,40% dengan kategori “Sangat Baik”. Kemudian dilakukan uji coba skala besar dengan objek penelitian 23 orang sebagai responden yaitu mahasiswa semester II kelas A.2.2 pada mata kuliah Peripheral and Troubleshoot memperoleh nilai 80,16% dengan kategori “Baik”. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil perolehan data uji coba produk menunjukkan tingkat kelayakan produk dalam kriteria “Baik”.

References

Kuswanto, Joko. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI,” Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), Vol. 2, No. 2.

Musfiqon. ”Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran”, (Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya), 2016 pp. 3-4.

Oemar, Hamalik. ”Kurikulum dan Pembelajaran”. (Jakarta: bumi Aksara), 2014. pp. 27-28.

Azhar, Arsyad. ”Media Pembelajaran”. (Jakarta : Rajawali Pers), 2011 pp. 27-28.

Deni Darmawan. ”Teknologi Pembelajaran”. (Bandung: Rosdakarya), 2011 pp. 15-16.

Nazruddin, Safaat. ”Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. (Bandung: Informatika Bandung), 2015 pp. 1-2.

Nusa, Putra. ”Research & Development, Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar”. (Jakarta: Rajawali Pers), 2013. pp. 67-68.

Bambang, Warsita, ”Teknologi Pembelajaran”. (Jakarta: Rineka Cipta), 2011. pp. 5-6.

A. Rahman and A. Qosim, “SISTEM CERDAS PENGELOMPOKAN MAHASISWA BERDASARKAN PREDIKSI PERFORMA BELAJAR DENGAN METODE CASE BASED REASONING,” J. Edik Inform. J. Edik Inform., vol. 8, no. 1, pp. 13–25, 2021.

Sugiyono. ”Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. (Bandung: Alfabeta), 2015. pp. 199-200.

Published
2021-12-06
How to Cite
Wijaya DN, J., Isa, Y., & Sari, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PERIPHERAL DAN TROEBLESHOOT. INTECH (Informatika Dan Teknologi), 2(2), 61-65. https://doi.org/10.54895/intech.v2i2.1167