Analisis Layanan Aplikasi Livin by Mandiri Menggunakan Framework ITIL V3

  • Beni Ariansyah Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma

Abstract

Dalam dunia perbankan untuk mewujudkan kepuasan kepada nasabahnya, dari segi pelayanan sangat berpengaruh terhadap profit dan nama baik perusahaan itu sendiri. Salah satunya mobile banking yang menjadi alat untuk membantu nasabah untuk bertransaksi dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Pada penelitian ini penulis menganalisis pelayanan pada aplikasi mobile banking Bank Mandiri yaitu Livin by Mandiri menggunakan framework ITIL V3. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada pada aplikasi Livin by Mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi framework ITIL V3 dapat meningkatkan kepuasan layanan perbankan terutama pada aplikasi Livin by Mandiri dengan penggunaan ITIL V3 Service Management Lifecycle. Dengan penelitian tersebut dapat membantu bank untuk meningkatkan kualitas pelayanan perbankan yang ada di aplikasi Livin by Mandiri.

References

Nugraha Rachmatullah, Tata Sutabri, “Analisis Manajemen Pelayanan Perbankan pada Aplikasi Bri Mobile berbasis TI menggunakan Framework ITIL V3”, Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology” Vol. 1 No. 2, 2023.

Tata Sutabri, “Analisis Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Versi 3 pada Unit Operasional”, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 5, No. 1, pp. 4708-4712,2023.

Ian MacDonald, ITIL Process Asessment Framework, 2020.

Rudd, Colin, and Gary Hodgkiss. "An Introductory Overview of ITIL, itSMF." UK: The Stationery Office 2004.

ITIL Service Lifecycle | Learn the Five Stages of ITIL Service Lifecycle (educba.com), 2023.

S. Pd. , M. M. Dr. Muhammad Ramdhan, Kumpulan Metode Penelitian . Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.

A. W. Dr. Eng and Gabrielle Petrina Lee Barnabas, “Siklus Service Management Lifecycle. ,” Artikel Binus University Technology, 2020.

K. S. Kusumawardani and T. Hidayat, “Implementation of ITIL Service Management on Bank ABC,” International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 2019.

Zahro Halimatus, “Analisis Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) dan Segmentasi Pasar Tabungan Faedah BRISyariah iB di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi Genteng,” Universitas Islam Negeri KH Achmad Shidiq Jember, Jember, 2020.

A .Rosano and D. Sudaradjat, “Pemeriksaan Maturitas Manajemen Infrastruktur Bagian Pusat Data Bank XYZ Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3,” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 7, no. 2, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i2.12191.

Published
2023-11-29
How to Cite
Ariansyah, B., & Sutabri, T. (2023). Analisis Layanan Aplikasi Livin by Mandiri Menggunakan Framework ITIL V3. INTECH (Informatika Dan Teknologi), 4(2), 64-68. https://doi.org/10.54895/intech.v4i2.2277