Analisa SWOT Pengembangan Media Belajar Sejarah Di Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Semester Ganjil
Abstract
Kemajuan teknologi yang berkembang, teknologi informasi khusus, mendorong orang untuk mengembangkan media yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, metode pembelajaran klasik memerlukan guru untuk menggunakan media yang lebih relevan dengan zaman, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar sejarah. Media adalah media pembelajaran yang memberikan sejarah bagi Media Interaktif. Teknik mengumpulkan data, disesuaikan dengan kebutuhan para peneliti itu sendiri. Analisis survei digunakan untuk memverifikasi data yang diperlukan. Tujuan penelitian adalah: (a) membuat sejarah pengembangan media pembelajaran interaktif Media Interaktif untuk siswa kelas IX SMP Semester Ganjil, (b) menggunakan langkah-langkah pembelajaran berbasis media pembelajaran interaktif sejarah media untuk siswa kelas IX di SMP Semester Ganjil, (c) mengembangkan bahan yang digunakan dalam pengembangan sejarah menggunakan Media Interaktif untuk siswa kelas IX SMP Semester Ganjil. Hasilnya media pembelajaran sejarah bisa diterapkan dengan baik pada Sekolah Menengah Pertama Semester Ganjil.
References
Y. Rahelly, “Media Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum 2013,” J. CRIKSETRA, vol. 4, pp. 92–98, 2015.
L. S. Widiani, W. Darmawan, and T. Ma`mur, “Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah,” J. Sej. DAN Pendidik. Sej., vol. 7, no. 1, pp. 123–132, 2018.
S. Elisva, U. Nurul, and Sumardi, “The Effectiveness Of Prezi Media For History Learning Of The Eleventh Grade,” J. Hist., vol. 3, no. 2252, pp. 1–11, 2019.
Risma, Juraid, and Suyuti, “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Website Pada Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala,” e J. Katalogis, vol. 4, pp. 1–9, 2016.
L. A. S, “Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah SMA Berbasis Pendidikan Karakter Di Solo Raya,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 18, pp. 412–426, 2012.
H. Alvionita, “Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Sejarah Sma Di Kabupaten Semarang,” Indones. J. Hist. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 31–35, 2014.
O. A. K. Shavab and Gurdjita, “Pengembangan Media Pembelajaran Blog Pada Mata Kuliah Sejarah Kontemporer Eropa,” J. Candrasangkala, vol. 3, no. 2, pp. 20–26, 2017.