Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SD Negeri 155 OKU Menulis Pengumuman Resmi Dengan Menerapkan Teknik Copy the Master Modification

  • Rita Nilawijaya Universitas Baturaja
Keywords: Menulis, Pengumuman Resmi, Teknik Copy The Master Modification

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 155 OKU menulis pengumuman resmi dengan menerapkan teknik Copy The Master Modification. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 155 OKU tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik penelitian yang dilakukan meliputi teknik pengumpulan data, yaitu dengan observasi dan tes, dan teknik penganalisisan datanya adalah dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran Copy The Master Modification pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 155 OKU. Hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil rata-rata belajar siswa. Peningkatan hasil rata-rata siswa pada prasiklus, yaitu 57,84 menjadi 63,61 pada siklus I, 69,46 pada siklus II. Artinya, pada siklus II seluruh siswa sudah mencapai nilai KKM , yaitu 65. Dengan demikian target penelitian telah tercapai. Berdasarkan perhitungan, maka hipotesis tindakannya yaitu “ penggunaan teknik pembelajaran Copy The Master Modification dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 155 OKU menulis pengumuman resmi” diterima. Oleh sebab itu disarankan agar ada usaha penelitian lebih lanjut dengan menjadikan penelitian ini sebagai bahan perbandingan.

Published
2018-05-01
Section
Articles