Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd N 37 Oku Dalam Menulis Karangan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menulis karangan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas V SD Negeri 37 OKU, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengunpulan data yaitu teknik tes dan teknik observasi, serta teknik penganalisisan data dilakukan dengan data tes dan data hasil observasi. Dari seluruh populasi dan sampel 28 siswa, melalui tes menulis karangan pada siklus I terjadi peningkatan, yakni 59,07 pada tahap pra siklus lalu meningkat menjadi 73,32 pada siklus I. Namun dari hasil tersebut belum semua siswa yang mencapai standar KKM, maka dilanjutkan pada siklus yang ke II, dan terjadi peningkatan yakni, dari 73,32 pada siklus I menjadi 84,39 pada siklus II. Jadi berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil menulis karangan siswa kelas V SD Negeri 37 OKU