Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa SDN Keromongan

  • Inawati Inawati Universitas Baturaja
Keywords: hubungan, membaca, siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa, kemampuan membaca cepat dan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1 Keromongan, serta hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca cepat dan pemahaman. Sampel penelitian ini berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Berdasarkan  hasil analisis angket, kebiasaan membaca siswa kelas IV SD Negeri 1 Keromongan tergolong kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai yang diperoleh seluruh siswa  yaitu 72,83. Sementara itu, kemampuan membaca cepat dan pemahaman siswa, secara keseluruhan tergolong baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai yang diperoleh seluruh siswa  yaitu 75,86. Selanjutnya, berdasarkan  hasil analisis, diketahui nilai rhitung adalah 0,46,  sedangkan  rtabel adalah 0,361 pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima, artinya bahwa terdapat korelasi yang positif antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca cepat dan pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Keromongan Kecamatan Martapura OKU Timur.

Published
2018-05-01
Section
Articles