Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa SDN Keromongan
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa, kemampuan membaca cepat dan pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1 Keromongan, serta hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca cepat dan pemahaman. Sampel penelitian ini berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis angket, kebiasaan membaca siswa kelas IV SD Negeri 1 Keromongan tergolong kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai yang diperoleh seluruh siswa yaitu 72,83. Sementara itu, kemampuan membaca cepat dan pemahaman siswa, secara keseluruhan tergolong baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai yang diperoleh seluruh siswa yaitu 75,86. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis, diketahui nilai rhitung adalah 0,46, sedangkan rtabel adalah 0,361 pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima, artinya bahwa terdapat korelasi yang positif antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca cepat dan pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Keromongan Kecamatan Martapura OKU Timur.