Pengembangan Bahan Ajar Membaca Surat Kabar dan Grafik Pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Universitas Baturaja

  • Muhammad Rama Sanjaya Universitas Baturaja
  • Muhammad Doni Sanjaya Universitas Baturaja
Keywords: pengembangan, buku teks, membaca surat kabar dan grafik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar pada mata kuliah membaca surat kabar dan grafik  2) merancang buku teks yang sesuai dengan analisis kebutuhan mahasiswa pada mata kuliah membaca surat kabar dan grafik 3) mendeskripsikan buku teks membaca surat kabar dan grafik hasil pengembangan di semester II  4) mendeskripsikan validitas buku teks membaca  surat kabar dan grafik di semester II, 5) mendeskripsikan pengaruh potensial buku teks membaca surat kabar dan grafik terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan.  Model pembelajaran yang dikembangkan adalah buku teks mata kuliah membaca surat kabar dan grafik untuk mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Langkah-langkah model penelitian pengembangan menggunakan teori Borg and Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia  di Universitas Baturaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe buku teks mata kuliah membaca surat kabar dan grafik sangat efektif digunakan dalam materi membaca surat kabar dan grafik. Prototipe pembelajaran  meliputi  materi, langkah-langkah, dan rubrik penilaian mata kuliah membaca surat kabar dan grafik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-10
How to Cite
Sanjaya, M., & Sanjaya, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Surat Kabar dan Grafik Pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Universitas Baturaja. Jurnal Lentera Pedagogi, 5(2), 44 - 49. https://doi.org/10.54895/lentera.v5i2.1165