ANALISIS WACANA KRITIS OPINI PADA MEDIA MASSA CETAK HARIAN SUMATERA EKSPRES EDISI OKTOBER 2020
Abstract
Media massa mempunyai efek kognitif, afektif, dan konatif/behavioral. Efek kognitif adalah akibat yang timbul pada diri komunikan yang sifatnya informatif bagi dirinya. Efek afektif bertujuan mengajak khalayak untuk turut merasakan perasaan iba, terharu, gembira, marah, dan sebagainya. Efek konatif merupakan akibat yang timbul pada diri khalayak dalam bentuk perilaku, tindakan, atau kegiatan. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis wacana kritis opini pada media massa cetak harian Sumatera Ekspres edisi Oktober 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian pada opini pada media massa cetak terbitan Sumatera Ekspres edisi Oktober 2020 dapat terdapat tiga dimensi efek komunikasi massa, yaitu kognitif, afektif dan behavioral atau konatif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan dari sepuluh opini pada media massa cetak terbitan Sumatera Ekspres edisi Oktober 2020 yang dianalisis ditemukan 16 bentuk efek komunikasi massa yang terdiri dari 10 efek kognitif, 2 efek afektif dan 4 efek konatif. Bentuk-bentuk efek komunikasi massa yang paling banyak ditemukan adalah Efek kognitif yang meliputi peningkatan kesadaran, belajar dan tambahan pengetahuan. Opini yang paling banyak mengandung bentuk-bentuk efek komunikasi massa adalah opini yang berjudul Transformsi Pendidikan yaitu sebanyak 3 bentuk.