Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Media Cerpen

  • Nani Angraini STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana Rohana STKIP PGRI Bandar Lampung

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  keterampilanmenulis naskah drama menggunakan media cerpen siswa kelas IX.4 SMP Negeri13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Masalah yang terjadi dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis naskah drama. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru ketika menggunakan media pembelajaran yang mudah dan menyenangkan, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi,  metode tes (dalam bentuk penugasan menulis naskah drama), dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus  yaitu  siklus  I  dan  siklus  II.  Berdasarkan  hasil  proses  pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil peningkatan aktivitas belajaran siswa yaitu 78,78% meningkat menjadi 87,87% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70,69 meningkat menjadi 75,86 pada siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 86,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa penggunaan media cerpen dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar menulis naskah drama siswa kelas IX.4 SMP Negeri13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-29
How to Cite
Angraini, N., & Rohana, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Media Cerpen. Jurnal Lentera Pedagogi, 5(2), 66-72. https://doi.org/10.54895/lentera.v5i2.1247