PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK TK KELOMPOK B1 (USIA 5-6 TAHUN) DI TK IT TUNAS CENDIKIA BATURAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode quantum teaching terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B TK IT Tunas Cendikia Baturaja. Jenis penelitian kuantitatif, dengan desain pendekatan eksperimen one-group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pengamatan dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan selama 8 kali dengan 3 tahap pertama pemberian pretest, treatment dan posttest.
Subjek penelitian anak TK B1 berjumlah 20 orang. Pengamatan dilakukan selama 8 kali dengan 3 tahap, pemberian pretest, pemberian treatment dan posttest. Data diolah berdasarkan statistik parametrik. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode quantum teaching berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5- 6 tahun kelompok TK B1 di TK IT Tunas Cendikia Baturaja dengan hasil perhitungan thitung (3,43) > ttabel (1,72). Hipotesis alternatif diterima dan menolak Ho.