EFEKTIVITAS MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMAN 3 OKU

  • Nurleni Nurleni SMA Negeri 3 OKU

Abstract

Banyak model pembelajaran yang diterapkan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di abad 21, tetapi hasil belajar peserta didik tersebut tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Masih rendahnya hasil belajar peserta didik, umumnya terlihat dari masih kurangnya kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS2 SMA Negeri 3 OKU. Keunggulan model PBL diantaranya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan berkomunikasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II. Untuk pelaksanaan pembelajaran pada pra siklus tidak terdapat skor, artinya peneliti belum melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran tetapi hanya melakukan pengamatan penerapan model pembelajaran yang digunakan dan hasil belajar peserta didik berdasarkan nilai ulangan harian sebelumnya yaitu diperoleh rata-rata nilai hasil belajar pra siklus sebesar 63,37 dengan persentase ketuntasan sebesar 34,29%. Untuk pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai 68,42% dengan predikat kurang dan belum mencapai indikator kinerja, namun pada siklus II diperoleh nilai 84,21% dengan predikat baik dan telah mencapai indikator kinerja. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,23 dengan persentase ketuntasan sebesar 48,57% yang berpredikat kurang dan belum mencapai indikator kinerja namun pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 80 dengan persentase ketuntasan sebesar 77,14% yang berpredikat cukup dan telah mencapai indikator kinerja. Dengan demikian model Problem Based Learning (PBL) lebih efektif digunakan  untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS2 SMA Negeri 3 OKU.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., Emzir, & Rafli, Z. 2017. The Effect of Learning Problem Based Learning (PBL) and Task Based Learning (TBL) Learning Models and Learning Style to Skills Writing Naration. International Journal of Language Education and Culture Review, 3(2), 112-113.

Apriliyanto, Broto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol 1 No. 2 E-ISSN: 2549-4163

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djonomiarjo, Triono. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal (AKSARA). Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Vol 5 No. 1. E-ISSN: 2721-7310.

Ibrahim, E., Sylvia, Anna. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Katalogis. Vol 5 No. 4. ISSN: 2302-2619

Isma, Wijaksana, Teguh. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 6 No. 1. E-ISSN: 2615-6091.

Junaidi, Pangartian, Kaluwih, Muhammad. 2018. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 5 No. 2. ISSN: 2339-1685.

Jupri, Wahab. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains: Modal dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Rahmadani. 2019. Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal Vol. 7 No. 1.

Robiyanto, Agus. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2 No. 1. E-ISSN: 2721-7957.

Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan profesionalitas guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suginem. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan (Metaedukasi) Vol 3 No. 1. E-ISSN: 2714-7851.

Susila, H. R., & Qosim, A. (2022). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Untuk Mahasiswa FKIP. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Sumarno. 2019. Pembelajaran Kompetensi Abad 21 Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3.

Yulianti. 2019. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. Vol 2 No. 3.

Published
2022-07-27
How to Cite
Nurleni, N. (2022). EFEKTIVITAS MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMAN 3 OKU. Jurnal Lentera Pedagogi, 6(1), 60-65. https://doi.org/10.54895/lentera.v6i1.1284