Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Baturaja Memahami Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen

  • Awalludin Awalludin Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Baturaja
  • Rita Nilawijaya Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Baturaja
  • Aryanti Agustina Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Baturaja

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen siswa kelas X SMA Muhammadiyah Baturaja dan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa kelas X SMA Muhammadiyah  Baturaja dalam memahami unsur intrinsik cerpen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah  Baturaja yang berjumlah tiga kelas dengan 73 orang siswa, sampelnya 23 siswa. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pendekatan strukturalisme. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis karya dengan cara melakukan penyelidikan terhadap unsur-unsur intrinsik cerpen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  sebanyak 14 siswa  (60,86%) dikategorikan tuntas dan sebanyak 9  orang (39,13%) dikategorikan tidak tuntas. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,34. Selanjutnya, hasil angket menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerpen yaitu: kesulitan dalam menentukan tema dalam cerpen, kesulitan dalam mengidentifikasi penokohan dalam cerpen, kesulitan dalam menemukan amanat dalam cerpen, dan kesulitan dalam menemukan amanat dalam cerpen. Secara umum, berdasarkan analisis tes angket, siswa tertarik dalam pembelajaran memahami unsur intrinsik cerpen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Muhammadiyah  Baturaja mampu memahami unsur intrinsik cerpen.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Awalludin, A., & Anam, S. (2019). “Stratifikasi Sosial dalam Novel Pabrik Karya Putu Wijaya”. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 2(1), 18. doi: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i1.240

Awalludin, A., & Nilawijaya, R. (2021). “Sikap Tokoh dalam Novel Burung-burung Cahaya Karya Jusuf AN: Sebuah Analisis Psikologi Sastra. Jurnal Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Daerah. 7(1), 33—41 https://doi.org/10.33369/diksa.v7i1.10405

Awalludin, A., Agustina, A., & Inawati, I. (2021). “Struktur Batin Puisi dalam Kumpulan Puisi Yang Tersisih Karya Wiji Thukul. Lentera Pedagogi. 5(2), 88—93 http://jurnal.unbara.ac.id/index.php/lentera/article/view/1229

Darmawati, U. (2011). Bahasa Indonesia. Klaten: Intan Pariwara.

Dhania, E. R., Anam, S., & Awalludin, A. (2019). “Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 OKU dalam Menulis Teks Negosiasi”. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 122—132 https://doi.org/10.33369/diksa.v5i2.10099

Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nilawijaya, R., & Awalludin, A. (2021). “Tinjauan Sosiologi Sastra dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA”.. Jurrnal Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 4(1), 13-24. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1

Nilawijaya, R., & Awalludin, A. (2021). “ Perspektif Gender dalam Novel Berkisar Merah Karya Ahmad Tohari Tinjauan: Sastra Feminis dan Implementasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. Jurrnal Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(2), 291–305. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1427

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2022-07-12
How to Cite
Awalludin, A., Nilawijaya, R., & Agustina, A. (2022). Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Baturaja Memahami Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen. Jurnal Lentera Pedagogi, 6(1), 6-17. https://doi.org/10.54895/lentera.v6i1.1406