KARAKTERISTIK GURU PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN LURING
Abstract
Guru yang berkualitas serta profesional dibidangnya masing-masing tercermin pada perannya segai pendidik untuk membantu terlaksananya pembelajaran di sekolah. Peranan guru di sekolah maupun di lingkungan masyarakat sangat penting. Oleh karena itu, tujuan tersebut akan dapat tercapai apabila guru memiliki karakteristik yang baik diantaranya dengan mimeliki sifat dan sikap 9 K dan 7 M. Adapun 9 K tersebut adalah kasih sayang, keperdulian, kesabaran, kreatif, kerendahan hati, komitmen, kejujuran, kecerdasan, dan keren. Sementara 7 M yaitu: mengembangkan kepribadian, menguasai landasan pendidikan, menguasai bahan pengajaran, menyusun program pengajaran, melaksanakan program pengajaran, menilai hasil dan proses belajar mengajar, dan menyelenggaran proses bimbingan. Dengan kata lain, karakteristik guru yang profesional adalah (1) melaksanakan pembelajaran dengan baik secara baik dengan mengedepankan nilai pendidikan karakter seperti: nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) Mengembangkan kepribadian dan menjunjung kode etik keguruan. (3) Menguasai landasan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. (4) Menguasai bahan pengajaran. (5) Menyusun dan melaksanakan program pengajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku. (6) Menilai hasil dan proses belajar mengajar, dan (7)menyelenggaran proses bimbingan.
Downloads
References
Amini. 2016. Urgensi Pendidikan Karakter di Sekolah. Prosiding Seminar Pendidikan Literasi, Karakteristi, dan Kearifan Lokal. Ponorogo: STKIP PGRI Ponorogo.
Azis, Hamka Abdul. (2012). Karakter Guru Profesional: Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: Al-Maudi Paina.
Djamarah, syaiful Bahri. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis. Jakarta: Rineka Cipta.
Kementerian Pendidian Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidian Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rennie, Dani. (2002). Guru cerdas: the power emotional edversiti quotient for teacher. Palembang: Alti.
Saudagar, Fachrudddin dan Ali Idrus. (2011). Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: GP. Press.
Soetjipto dan Raflis Kosasih. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Susriani, Lusi dan Inawati. (2020). Kemampuan Siswa SMA Menganalis Nilai Karakter Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufik Ismail dan Relevansinya Terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Siswa. Lentera Pedagogi, 4(1), 7-14. Retrieved from http://journal.unbara.ac.id/index.php/lentera/article/view/351.
Susila, H. R., & Qosim, A. (2022). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Untuk Mahasiswa FKIP. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Uno. H. Hamzah B. (2007). Profesi Kependidikan, Problematika, Sosial dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.