PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA

  • Hastuti Hastuti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Bandar Lampung
  • Rohana Rohana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Bandar Lampung

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan multimedia berkembang atas dasar pembelajaran konvensional yang tidak bisa memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Dalam realita yang ada di kelas, siswa merasa kurang termotivasi dalam belajar karena cara pengajaran guru yang konvensional. Pengajaran yang terkesan konvensional mengakibatkan siswa merasa sukar dalam pemahaman materi yang di berikan guru.Akibatnya motivasi belajar siswa mengalami penurunan dan selanjutnya prestasi belajarpun menurun.Hal ini adalah indikator di dalam mengetahui kualitas pembelajaran yang ada.Berawal dari hal tersebut, pembelajaran dengan menggunakan multimedia yang menggabungkan berbagai unsur media seperti video, suara, animasi, teks, dan gambar yang di kemas di dalam satu wadah yang bersifat interaktif, kreatif, dan menyenangkan. Akibat pengembangan multimedia tersebut, dalam pembelajaran diharapkan siswa dapat termotivasi dalam memahami materi pembelajaran karena pembelajaran disampaikan secara interaktif dan menyenangkan sehingga akan terjadi peningkatan kualitas dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-02
How to Cite
Hastuti, H., & Rohana, R. (2022). PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA. Jurnal Lentera Pedagogi, 6(1), 1-5. https://doi.org/10.54895/lentera.v6i1.1485