PERSEPSI PENGGUNA LABORATORIUM PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS BATURAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan pengguna Laboratorium Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Baturaja, dengan jumlah sampel 87 orang yang diambil secara total sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan kuesioner, dengan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis menggunakan rumus teknik deskriptif persentatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian persepsi pengguna laboratorium dicapai berdasarkan penjumlahan rata-rata pilihan selalu dan sering adalah dengan kriteria baik sekali. Dengan hasil rekapitulasi data sebesar 85% pada sarana dan prasarana, 95% pada tenaga kerja. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase. Hal tersebut dinyatakan bahwa penggunaan laboratorium Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Baturaja Baik Sekali
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. Tahun 1995 tentang Manfaat laboratorium.
Emha, M. Saleh H. 2006. Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Handoko, Hani. 2003. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Hamalik, Omar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 3 tahun 2010 Tentang Unit penunjang akademik pada lembaga Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan Madrasah Aliah Kejuruan (SMK/MAK).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonasia No 26 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/ Madrasah.
Ricard, Decaprio. 2013. Tips mengelola laboratorium sekolah (Ahli Bahasa Dion Yulianto). Yogyakarta: Diva Pers.
Sudijono Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2010. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarso, 2007. Pengertian dan Fungsi Laboratorium. http://wanmustafa.wordpres.com
Waladi, F. H. 2012. Pemanfaatan Laboratorium Komputer Teknik Instalasi Tenaga Listrik Untuk Kegiatan Belajar Mengajar Smk N 1 Magelang. Diakses Tanggal 20 Februari 2022, dari http://eprints.Uny.ac.id/1981/1/Laporan%20Skripsi.pdf.