Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagar Alam Tahun Pelajaran 2021-2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media audio visual dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagar Alam tahun pelajaran 2021-2022 dan untuk mengetahui hasil penerapan media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagar Alam tahun pelajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif-deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah Pagar Alam tahun pelajaran 2021-2022, dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tes menulis puisi siswa dengan menggunakan media audio visual dapat diketahui nilai tertinggi yang diperoleh siswa, yaitu 90 dan nilai terendah, yaitu 60. Dengan rincian, yaitu: 3 orang siswa mempunyai kemampuan dengan kategori baik sekali, 26 orang siswa yang mempunyai kategori baik, dan 7 orang siswa dengan kemampuan kategori cukup. Dari hasil analisis diperoleh hasil tes menulis puisi dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah Pagar Alam dengan total nilai 2783 dengan rata-rata 77,30 dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan hasil pembelajaran menulis puisi siswa dengan menggunakan media audio visual berhasil dengan nilai rata-rata 77,30 dalam kategori baik.
Downloads
References
Awalludin, A. (2018). Efektivitas Model Decision Making dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasif Siswa Kelas X SMK Trisakti Baturaja. Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 159—167. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.923
Awalludin, A., Sanjaya, M. R., & Bataria, A. (2020). Hubungan Pemahaman tentang Surat-Menyurat terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 OKU. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 31—41. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.923
Awalludin, A., & Nilawijaya, R. (2021). The Effectiveness of Meaningfull Instructional Design Learning Model in Learning to Write Poster Students of Class viii Smp Negeri 32 Oku. SEMAR Journal: Educations Studies, 2(2), 1—16. https://doi.org/10.37638/semar.2.2. 1-16
Awalludin, A., Agustina, A., & Inawati, I. (2022). Struktur Batin Puisi dalam Kumpulan Puisi Yang Tersisih Karya Wiji Thukul. Lentera Pedagogi, 5(2), 88—93.
Djiwandono, M. S. (2008). Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.
Mulyati, N. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Media Audio Visual. e-Jurnal Literasi , 1(1).
Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2021). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.