Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Belajar Efektif Anak Di PAUD AR-RAHMA Kertapati Tahun 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan belajar efektif anak di PAUD AR-RAHMA Kertapati tahun 2022. Subjek penelitiannya anak-anak kelompok B di PAUD KB AR-RAHMA Palembang yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan yang berada pada rentang usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang digunakan berbentuk loop yang mengacu pada model Kemmis sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitafif. Berdasarkan hasil penelitan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak untuk dapat belajar efektif mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui strategi BCCT (Beyond Center and Circle Time) dan Brainstorming. Peningkatan tersebut dapat diliha dari kondisi awal pemahaman teoritis dan respon anak kelompok B berada pada kriteria belum berkembang dengan persentase 75%. Pada siklus I dengan persentase 58,7% meningkat menjadi berkembang sangat baik dan sesuai harapan dan dengan dilakukan kegiatan lebih sederhana pada siklus II meningkat menjadi 11%. Anak sudah menunjukkan aspek dan indikator-indikator belajar efektif
.
Downloads
References
El Khuluqo, Ihsana. (2017). Belajar dan pembelajaran konsep dasar metode dan aplikasi nilai-nilai spiritulitas dalam proses pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Felayati, dkk. (2020). Strategi Pembelajaran Character Activity Card (Cac) Sebagai Pengembangan Perilaku Berkarakter Peserta Didik Di Paud Hamparan Bunga Pasaman Barat. Jurnal Ilmiah PTK PNF. Vol 15 (1).
Hartini, Rosma. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Bengkulu.
Hasanah, Uswatun. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. Insania. Vol 23 (2).
Herawati, Niken dan Hidayat, Aris. (2020). Peranan Guru dalam Efektifitas Kegiatan Belajar Mengajar Pada PAUD Rose Jakarta. Jurnal AKRAB JUARA. Vol 5 (4).
Heriyanti. (2021). Pengaruh Peran Guru Terhadap Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Akuntasi Kelas XI Akuntasntasi Di SMK 1 Polewali. Skripsi. Makasar : Universitas Negeri Makasar.
Iswantiningtyas, Veny, dkk.. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time). Jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 3. No.1
Kholifah, dkk. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Beyond Center And Circle Time (Bcct) Terhadap Kreatifitas Anak Usia Dini Kelompok Usia 3-4 Ahun Di Pos Nusa Indah Surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan PAUD. Vol 4. No.1
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasion, Siyyella Tika, dkk. (2021). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5 (2).
Pramesti, Regita. (2021). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini di Paud Al-Hasanah Kota Bengkulu di masa Pandemi. Skripsi. Bengkulu : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Pra Agung, Roy Niko. (2021). Strategi Pembelajaran Guru Untuk Keefektifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Masa Pandemi Covid-19 Di Smpn 1 Tebat Karai. Skripsi. Bengkulu : Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Putra, Andhika Yahya. (2020). Strategi Pembelajaran Motorik Kasar pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.Vol 5 (4).
Rahmaniah, Devi. (2020). Strategi Pembelajaran Inklusi Pada Kelompok B di Paud Terpadu Pelita Hati Banjarmasin. Skripsi. Banjarmasin : Universitas Islam Negeri Antasari.
Saripudin, Aip. (2018). Strategi Edutainment Dala Pembelajaran Di Paud. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak. Vol 4, no.1.
Sudijono. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Zahro, Ifat Fatimah, dkk. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol 4 (2).