Penerapan Model Pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dalam Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagaralam
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dalam menulis teks ulasan. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah.Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pagaralam Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 35 siswa 24 siswa laki-laki 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menggunakan model pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan), teks ulasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa tes dalam menulis teks ulasan dengan menggunakan model pemebelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dengan total nilai 2650 diperoleh nilai rata-rata 75,71 Berdasarkan kategori penilaian dapat dikatakan baik. Maka nilai rata-rata siswa tersebut dapat dikatankan nilainya tuntas, siswa tergolong nilai amat baik berjumlah 6 orang, siswa yang mendapat nilai baik berjumlah 15, siswa yang mendapat nilai cukup berjumlah 12, dan siswa yang mendapat nilai kurang baik berjumllah 2 orang . Dan dari nilai observasi guru mendapat nilai total 44 dengan hasil nilai 80 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan hasil pembelajaran menulis teks ulasan dengan menggunakan model pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dalam kategori baik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Armila, T., Inawati, I., & Awalludin, A. (2021). Campur Kode dalam Acara Ini Talk Show Bulan Januari 2020. Lentera Pedagogi, 5(1), 19—25, https://doi.org/10.54895/lentera.v5i1.885
Awalludin, A. (2018). Efektivitas Model Decision Making dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasif Siswa Kelas X SMK Trisakti Baturaja. Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 159—167, https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.923
Awalludin, A., & Nilawijaya, R. (2020). Kemampuan Siswa Kelas V SD Negeri 6 OKU dalam Meringkas Wacana dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 65—71, https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.13549
Awalludin, A., Sanjaya, M. R., & Bataria, A. (2020). Hubungan Pemahaman tentang Surat-Menyurat terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Oku. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 31—42, https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.11436
Awalludin, A., & Nilawijaya, R. (2021). The Effectiveness of Meaningful Instructional Design Learning Model in Learning to Write Poster Students of Class VIII SMP Negeri 32 Oku. Semar Journal: Educations Studies, 2(2), 1—16, https://doi.org/10.37638/semar.2.2.1-16
Dhania, E. R., Anam, S., & Awalludin, A. (2019). Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 OKU dalam Menulis Teks Negosiasi. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 122—132, https://doi.org/10.33369/diksa.v5i2.10099
Nopriani, H., & Pebrianti, I. T. 2019. Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X melalui Penggunaan Bahan Ajar Hasil Pengembangan, Jurunal Bindo Sastra, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2019, 92-97.
Kosasih, E. (2014). Bahasa Indonesia. Jawa Barat: Arya Duta
Noermanzah, N., Wardhana, D. E. C., & Awalludin, A. (2022). Fostering Qualitative Content Analysis Skills Through Case Method. English Review: Journal of English Education, 10(2), 689—698, https://doi.org/10.25134/erjee.v10i2.6312
Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Susila, H. R., & Qosim, A. (2022). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Untuk Mahasiswa FKIP. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.