Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Menulis Puisi Menggunakan Media Lagu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa sekolah dasar menulis puisi menggunakan media lagu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah esai dalam bentuk menulis puisi, selanjutnya, teknik penganalisisan datanya adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai 80—100 dengan kategori mampu sekali sebanyak 3 orang atau 12,5%, yang mendapat nilai 66—79 dengan kategori mampu sebanyak 12 orang atau 50,0%, siswa yang mendapat nilai 56—65 dengan kategori cukup mampu sebanyak 9 orang atau 37,5%, siswa yang mendapat nilai 46—55 dengan kategori kurang mampu 0 orang atau 0% dan siswa yang mendapat nilai 45 ke bawah dengan kategori gagal 0 orang atau 0%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 6 Ogan Komering Ulu mampu menulis puisi dengan media lagu dengan baik. Selanjutnya, saran dalam penelitian adalah hendaknya guru mampu memilih dan menggunakan cara-cara yang tepat guna meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 6 Ogan Komering Ulu. Salah satu di antaranya adalah dengan menggunakan media lagu, untuk siswa agar dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis puisi dengan sebanyak mungkin menyerap informasi yang berkaitan dengan hal itu dari berbagai sumber.
Downloads
References
Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 72-82. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10406
Aminuddin. (2011). Pengantar apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar Baru.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Awalludin, A., Nilawijaya, R. (2021). Sikap Tokoh dalam Novel Burung-Burung Cahaya Karya Jusuf AN: Sebuah Analisis Psikologi Sastra. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7(1), 33—41, https://doi.org/10.33369/diksa.v7i1.10405
Awalludin, A., Agustina, A., & Inawati, I. (2022). Struktur Batin Puisi Dalam Kumpulan Puisi Yang Tersisih Karya Wiji Thukul. Lentera Pedagogi, 5(2), 88—93. https://doi.org/10.54895/lentera.v5i2.1229
Djamarah, S. B., & Zein, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nilawijaya, R., & Awalludin, A. (2021). Tinjauan Sosiologi Sastra dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(1), 13–24. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1212
Nilawijaya, R., Awalludin, A., & Monalisa, E. (2022). Kekuatan Penokohan dan Nilai Pendidikan dalam Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye: Sebuah Analisis Pendekatan Struktural. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 5(1), 165—176, https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1735
Noermanzah, N., Wardhana, D. E. C., & Awalludin, A. (2022). Fostering Qualitative Content Analysis Skills Through Case Method. English Review: Journal of English Education, 10(2), 689—698, https://doi.org/10.25134/erjee.v10i2.6312
Oktaviana, E., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture di kelas IV SDN Kalisari 03 Jakarta Timur. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 1. http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2126
Pradopo, R. D. (2002). Pengkajian puisi: Analisis strata norma dan analisis struktural dan semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sayuti, S. A. (2002). Berkenalan dengan puisi. Yogyakarta: Gama Media.