Pelaksanaan Supervisi Non Direktif Terhadap Guru SD Negeri Se-Kecamatan Semendawai Suku 3 Kabupaten OKU Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang Pelaksanaan Supervisi Non Direktif Terhadap Guru SD Negeri Se-Kecamatan Semendawai Suku 3 Kabupaten OKU Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan supervisi non direktif terhadap guru SD Negeri Se-Kecamatan Semendawai Suku 3 Kabupaten OKU Timur dapat diambil kesimpulan bahwa telah berjalan dengan baik dilihat dari beberapa indikator yaitu (1) pembicaraan awal, pelaksanaan supervisi non direktif terhadap guru SD Negeri Se-Kecamatan Semendawai Suku 3 Kabupaten OKU Timur dalam hal pembicaraan awal didapat total yaitu 79,24% dengan kriteria baik; (2) observasi, pelaksanaan supervisi non direktif terhadap guru SD Negeri Se-Kecamatan Semendawai Suku 3 Kabupaten OKU Timur dalam hal observasi didapat total yaitu 80,29% dengan kriteria baik; (3) analisis dan interpretasi, pelaksanaan supervisi non direktif terhadap guru SD Negeri Se-Kecamatan Semendawai Suku 3 Kabupaten OKU Timur dalam hal Analisis dan Interpretasi didapat total yaitu 82,48% dengan kriteria baik; (4) pembicaraan akhir, pelaksanaan supervisi non direktif terhadap guru SD Negeri Se-Kecamatan Semendawai Suku 3 Kabupaten OKU Timur dalam hal Pembicaraan Akhir didapat total yaitu 82,64% dengan kriteria baik; (5) laporan, pelaksanaan supervisi non direktif terhadap guru SD Negeri Se-Kecamatan Semendawai Suku 3 Kabupaten OKU Timur dalam hal Laporan didapat total yaitu 80,37% dengan kriteria baik .
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT. Renika Cipta.
Berliani, Teti. 2017. Implementasi Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Vol. 1 No 3. Diakses pada hari Senin, 16 Agustus pada hallaman http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1880
Dantes, Nyoman. 2017. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Daryanto dan Rahardjo. 2014. Model Pembelajarn Inovaif. Yogjakarta: Gava Media
Dimyati dan Mudjiono. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT. Renika Cipta.
Fathurrohman, Pupuh dan Suryana. 2015. Supervisi Pendidikan dalam Proses Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama
Hamalik, Oemar. 2018. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara
Hamdani. 2017. Startegi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Sejati
Indrioko. 2017. Supervisi (Supervisi) Kepala Sekolah dasar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. STAIN Kediri. Jur Ilmu Pendidikan Vol 4 No (5). Diakses pada hari Senin, 16 Agustus pada halaman https://jurnal.iainkediri.ac.id
Kristiawan, Muhammad., Yuyun Yuniarsih, Happy Fitria, Nola Refika. 2019. Supervisi Pendidikan. Jakarta. PT. ALFABETA
Margono.2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta
Nugraha. 2018. Supervisi dalam Mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah. Universitas Bandung. Journal Ilmu Administrasi Vol 3 No 4. Diakses pada hari Senin, 16 Agustus pada halaman http://jia.stialanbandung.ac.id
Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta:BPFE
Riduwan dan Sunarto. 2015. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Alfabeta, Bandung.
Sadirman, A.M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Bina Aksara.
Slameto. 2020. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Susanto, Ahmad. 2018. Konsep, Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta:Kencana
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung:Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung:Alfabeta.
Syah, Muhbbin. 2015. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Trianto. 2012. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif Konsep, Landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).PT.Fajar Interpratama Mandiri. Surabaya
Trianto.2010.Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta
Priansa, Donni Juni dan Sonny Suntani Septiana. 2018. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. Bandung. CV. Pustaka Setia