Pendampingan Orang Tua dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar dan Perilaku Siswa
Abstract
Pendampingan orang tua telah menjadi objek kajian karena dampaknya dalam mempengaruhi sisi kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa. Tujuan penelitian adalah mengkonfirmasi teori dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa terdapat korelasi pendampingan orang tua terhadap prestasi belajar dan perilaku siswa. Subjek yang diteliti adalah peserta didik dari MI merah Putih Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo, dengan unit observasi adalah walimurid dari peserta didik tersebut. Prestasi belajar siswa dibatasi pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, di mana data didapatkan melalui survei menggunakan angket. Sejumlah 85 jawaban responden diolah menggunakan uji korelasi produk moment. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat korelasi pendampingan orang tua terhadap prestasi belajar ‘akidah akhlak dan perilaku siswa. Penelitian berimplikasi pada pentingnya orang tua memperhatikan anak melalui aktivitas-aktivitas pendampingan yang tepat, agar anak terdorong untuk bersemangat belajar meningkatkan prestasi belajar mereka sekaligus dapat mendorng munculnya perilaku baik pada anak.
Downloads
References
Aisyah, Siti. 2015. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Al-Ayouby, M. Hafiz. 2017. “Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini (Studi di PAUD dan TK. Handayani Bandar Lampung).”
Ambaryanti, Retno. 2013. “Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012.” Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies 2(2).
Anggia, Neng. 2018. Dosa-Dosa Orang Tua. Jakarta: PT Lontar Digital Asia.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin. 2010. Pendidikan dan psikologi perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathurrahman, Muhammad, dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Graha, Chairinniza. 2008. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi penelitian: Kualitatif–kuantitatif. Malang: Uin-Maliki Press.
Mu’arofah, Sayidatul, dan Robi Anggara. 2023. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Lentera Pedagogi 7(1):15–20.
Mukhtar, Afiah, dan M. D. Luqman. 2020. “Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru dan prestasi belajar siswa di kota makassar.” Idaarah 4(1):1–15.
Ngalim, Purwanto. 2014. Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Puspasari, Amaryllia. 2013. Manajemen Strategi Karier Anak. Elex Media Komputindo.
Puspitasari, Kartika. 2014. “Hubungan dukungan belajar PAI orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI di SD Islam Al Madina Semarang.” UIN Walisongo.
Puspitawati, Herien. 2013. Pengantar studi keluarga. Bogor: IPB Press.
Qomaruddin. 2016. “Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak.” At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah 4(1):54–70.
Sasongko, Nur Rahmat. 2017. Cinta Keluarga. Yogyakarta: Relasi Inti Media.
Satiadarma, Monty P. 2001. Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak: Dampak Pygmalion di dalam Keluarga. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Silalahi, Karlinawati, dan Eko A. Meinarno. 2010. Psikologi Keluarga. PT Raja Grafindo Persada.
Singarimbun, Masri. 1995. Metode penelitian survai. Jakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).
Sugiyono. 2008. Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Surganingtyas, Novi. 2015. “Pengaruh Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama’ Kepanjen Malang.” Skripsi, STIT Ibnu Sina, Malang.
Syarbini, Amirulloh. 2016. Pendidikan karakter berbasis keluarga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tirtonegoro, Sutratinah. 2001. ANAK SUPER NORMAL: dan Program Pendidikannya. Jakarta: PT. BINA AKSARA.
Wirawati, Laeli. 2015. “Pengaruh Bimbingan Orang tua terhadap prestasi belajar Peserta didik mata pelajaran Fiqih Kelas VII-A Madrasah Tsanawiyah NU Futuhiyyah Donomulyo Kabupaten Malang.” Skripsi, STIT Ibnu Sina Malang, Malang.
Yusuf, A. Muri. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.