Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemampuan Berkomunikasi dan Mengemukakan Pendapat

  • Nikki Tri Sakung Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kumala Lampung
  • Nina Ikhwati Wahidah Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

Abstract

Penelitian ini menjabarkan bagaimana pengaruh pola asuh demokratis terhadap keterampilan berkomunikasi dan mengemukakan pendapat siswa. Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya yaitu observasi, angket (kuesioner) dan lembar pengamatan. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa dari 33 siswa dikelas, terdapat 20 siswa yang pola asuh orangtunya demokratis.  Siswa yang pola asuh orangtuanya demokratis memiliki kemampuan berkomunikasi dan mengeluarkan pendapat yang tergolong baik, yakni siswa mampu menggunakan bahasa dengan baik, runtut dan mudah dipahami, siswa mampu mengkomunikasikan hasil dengan baik, siswa mampu menghargai perbedaan pendapat dan mampu menyampaikan ide/pendapatnya dengan baik dengan hasil rekapitulasi data diperoleh  rata-rata skor kemampuan berkomunikasi siswa sebesar 22, 85 sedangkan kemampuan mengemukakan pendapat sebesar 22,6 yang berdasarkan kriteria penilaian tergolong baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaplin, J. P. (2011). Kamus Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dewi, N, Qohar, A & Ulpa, E.P. (2021). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Keterampilan Sosial Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Anfusina: Journal of Psychology, 1(1), pp 29-42

Machmud, H. (2018). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Keterampilan Sosial Anak (Penelitian Expost Facto pada PAUD Rintisan di Kendari. Jurnal Al-Ta’dib, 11 (2), pp 127-145.

Purwanti, D (2023). Penerapan Model PembelajaranTime Token untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Muatan Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), pp 517-527

Ririen, D & Irawati. (2023). Impelemntasi Pembelajaran Berbasis Case Method dalam Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Critical Thinking Mahasiswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7 (1), PP 27-38

Ruben, B.D. & Stewart, L.P. (2013). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siregar, Rafika. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Menggunakan Model Time Token Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. PGSD FKIP Universitas Jambi di unja.ac.id. pp 1-13.

Syah, M.(2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Tia, F. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Debat Aktif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat. E- Journal Bimbingan dan Konseling, 4(5).

Winarsih, Y, dkk. (2023). Pola Asuh Orangtua dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6 (4), pp 2481-2485

Published
2024-01-29
How to Cite
Sakung, N., & Wahidah, N. (2024). Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemampuan Berkomunikasi dan Mengemukakan Pendapat. Jurnal Lentera Pedagogi, 7(2), 38-42. https://doi.org/10.54895/lentera.v7i2.2356