Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar

  • Rafidah Salma Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Zumala Laili Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran PKn masih ditemukan banyak permasalahan dalam hal pemahaman dan keterampilan. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih mendalam dengan menganalisis dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran PKn di sekolah dasarryang telah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fokus artikel ilmiah, pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL mampu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar, keaktifan, kemampuan berpikir kritis, pemahaman terhadap materi, serta meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Selain itu, melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran PKn juga dapat mengembangkan karakter baik pada peserta didik, seperti nasionalis, toleransi, demokratis, disiplin, dan mandiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, A., & Muhammadi. (2023). Peningkatan hasil belajar PPKn menggunakan model problem-based learning dalam nuansa kurikulum merdeka di sekolah dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(1), 135–147. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i1.14448

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem based learning: apa dan bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Astuti, W., Arifah, S., & Nurhamami, S. S. (2023). Penerapan model problem based learning berbantuan media power point untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Wonokusumo VI/45. Journal on Education, 5(2), 3114–3119. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.971

Cahyaningsih, R. D., Fais, A., Nurkholis, & Rohiman. (2023). Penerapan problem based learning pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 5979–5991. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1386

Dewi, R. M., Murtafi’ah, W., Yunianto, T. H. E., & Iswati, N. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada mata pelajaran PPKn kelas III SD Negeri Guyung 4. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 129–137. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/14774

Gusriyenti, M. P., & Reinita. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 11–21. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i2.9462

Harmelia, D., & Djuwita, P. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan membangun sikap mandiri dan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 75 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2), 346–354. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i2.14749

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1594–1601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.747

Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860

Learning, C. for I. in T. &. (n.d.). Teaching and Learning: Problem Based Learning (PBL). University of Illions Urbana-Champaign. Retrieved June 1, 2024, from https://citl.illinois.edu/citl-101/teaching-learning/resources/teaching-strategies/problem-based-learning-(pbl)

Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran PPKn: Teori Pengajaran Abad 21 di SD/MI. Yogyakrta: Samudra Biru.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Jurnal Bintang: Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/995

Malikha, D. R. (2018). Strategi pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sebagai salah satu metode pembelajaran berkarakter dan berwawasan global. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV, 88–89. https://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/162

Marlis, M. I., Syamsuriyanti, & Salam, N. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran PPKn terhadap Karakter Disiplin Murid SD Inpres Kampung Parang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Journal on Education, 06(02), 15410–15418. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5427

Mashitoh Desy, S. (2022). Peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model problem based learning dengan media audio visual pada siswa kelas IV sekolah dasar. Paedagogie, 17(1), 37–46. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v17i1.8384

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Noor, H., Roshayanti, F., & Wakhyudin, H. (2023). Penggunaan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi simbol dan nilai-nilai Pancasila di SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Journal on Education, 06(01), 4120–4127. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3534

Novanto, A. E., & Darsinah, D. (2022). Implementasi problem based learning pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk penanaman karakter peserta didik sekolah dasar. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(1), 70. https://doi.org/10.24014/af.v21i1.15735

Nugraheni, I., Soleha, V. S., Widodo, S. T., & Suparno, S. (2023). Penerapan model PBL berbasis pop up book pada pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3743–3752. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6383

Prasetyo, H. (2022). Keefektifan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk pembelajaran di sekolah dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 301. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65634

Putri, A. V., Naufal, A. P., Aisya, S., Hajron, K. H., & Suryawan, A. (2022). Peningkatan hasil belajar PKn melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa SD Negeri 2 Gandulan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1601–1609. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Putri, D. L. K., Amelia, N., Mullisi, F. A., & Setyawan, A. (2023). Upaya meningkatkan minat belajar PKN materi persatuan dan kesatuan melalui model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) pada siswa kelas V SDIT Ulil Albab. Journal on Education, 06(01), 7092–7101. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3951

Rahmadani, R. (2019). Metode penerapan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75–86. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Ratnasari, V. P., & Aeni, K. (2024). Pengembangan media prezi berbantuan AR model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan Pancasila di SDN Wonosari 01 Kota Semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 698–707. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13411

Rizki, D., Rahmawati, N., Widodo, S. T., & Wahyuni, N. I. (2023). Pemanfaatan wordwall dalam meningkatkan minat belajar pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Gisikdrono 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 1812–1825. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2135

Saputro, I. M., Prihanta, W., & Sucipto. (2023). Problem based learning: upaya strategis peningkatan hasil belajar siswa kelas III Dalam pembelajaran PKn materi kewajiban di rumah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 33–43. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25308

Setyabrata, I. B., Sholikhah, O. H., & Satdewo, S. (2023). Implementasi PBL dalam pembelajaran KUMER meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas 4 sekolah dasar. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 2(1), 105–112. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4112

Sulaimah, E., & Wibawa, S. (2024). Analisis penerapan model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2548–6950. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12118

Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar: Inovasi melalui Strategi Habituasi dan Prigram Kegiatan Sekolah Berkarakter. Yogyakarta: Buku Baik.

Tugiyanto, A., Trisiana, A., & Supeni, S. (2023). Meningkatkan prestasi belajar PPKn kompetensi dasar hak dan kewajiban terhadap lingkungan melalui model pembelajaran problem based learning siswa kelas IV SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Global Citizen: Junal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 11–16. https://doi.org/https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.8829

Wahyuni, A. (2019). Relevansi model problem based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran PKn. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2019 “Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi, Persekolahan, Dan Kemasyarakatan Di Era Disrupsi.” https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/09/Arin-Wahyuni.-Universitas-Sebelas-Maret.pdf

Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.368

Wijaya, R., Fahreza, F., & Kistian, A. (2019). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk mengembangkan karakter toleransi dan demokratis siswa pada pelajaran PKn kelas V di SD Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 49–60. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1277585

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Published
2024-07-30
How to Cite
Salma, R., & Laili, Z. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Lentera Pedagogi, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.54895/lentera.v8i1.2532