Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran PKn masih ditemukan banyak permasalahan dalam hal pemahaman dan keterampilan. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih mendalam dengan menganalisis dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran PKn di sekolah dasarryang telah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fokus artikel ilmiah, pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL mampu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar, keaktifan, kemampuan berpikir kritis, pemahaman terhadap materi, serta meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Selain itu, melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran PKn juga dapat mengembangkan karakter baik pada peserta didik, seperti nasionalis, toleransi, demokratis, disiplin, dan mandiri
Downloads
References
Anggraeni, A., & Muhammadi. (2023). Peningkatan hasil belajar PPKn menggunakan model problem-based learning dalam nuansa kurikulum merdeka di sekolah dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(1), 135–147. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i1.14448
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem based learning: apa dan bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Astuti, W., Arifah, S., & Nurhamami, S. S. (2023). Penerapan model problem based learning berbantuan media power point untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Wonokusumo VI/45. Journal on Education, 5(2), 3114–3119. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.971
Cahyaningsih, R. D., Fais, A., Nurkholis, & Rohiman. (2023). Penerapan problem based learning pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 5979–5991. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1386
Dewi, R. M., Murtafi’ah, W., Yunianto, T. H. E., & Iswati, N. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada mata pelajaran PPKn kelas III SD Negeri Guyung 4. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 129–137. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/14774
Gusriyenti, M. P., & Reinita. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 11–21. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i2.9462
Harmelia, D., & Djuwita, P. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan membangun sikap mandiri dan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 75 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2), 346–354. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i2.14749
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1594–1601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.747
Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860
Learning, C. for I. in T. &. (n.d.). Teaching and Learning: Problem Based Learning (PBL). University of Illions Urbana-Champaign. Retrieved June 1, 2024, from https://citl.illinois.edu/citl-101/teaching-learning/resources/teaching-strategies/problem-based-learning-(pbl)
Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran PPKn: Teori Pengajaran Abad 21 di SD/MI. Yogyakrta: Samudra Biru.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Jurnal Bintang: Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/995
Malikha, D. R. (2018). Strategi pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sebagai salah satu metode pembelajaran berkarakter dan berwawasan global. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV, 88–89. https://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/162
Marlis, M. I., Syamsuriyanti, & Salam, N. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran PPKn terhadap Karakter Disiplin Murid SD Inpres Kampung Parang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Journal on Education, 06(02), 15410–15418. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5427
Mashitoh Desy, S. (2022). Peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model problem based learning dengan media audio visual pada siswa kelas IV sekolah dasar. Paedagogie, 17(1), 37–46. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v17i1.8384
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Noor, H., Roshayanti, F., & Wakhyudin, H. (2023). Penggunaan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi simbol dan nilai-nilai Pancasila di SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Journal on Education, 06(01), 4120–4127. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3534
Novanto, A. E., & Darsinah, D. (2022). Implementasi problem based learning pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk penanaman karakter peserta didik sekolah dasar. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(1), 70. https://doi.org/10.24014/af.v21i1.15735
Nugraheni, I., Soleha, V. S., Widodo, S. T., & Suparno, S. (2023). Penerapan model PBL berbasis pop up book pada pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3743–3752. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6383
Prasetyo, H. (2022). Keefektifan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk pembelajaran di sekolah dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 301. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65634
Putri, A. V., Naufal, A. P., Aisya, S., Hajron, K. H., & Suryawan, A. (2022). Peningkatan hasil belajar PKn melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa SD Negeri 2 Gandulan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1601–1609. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Putri, D. L. K., Amelia, N., Mullisi, F. A., & Setyawan, A. (2023). Upaya meningkatkan minat belajar PKN materi persatuan dan kesatuan melalui model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) pada siswa kelas V SDIT Ulil Albab. Journal on Education, 06(01), 7092–7101. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3951
Rahmadani, R. (2019). Metode penerapan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75–86. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Ratnasari, V. P., & Aeni, K. (2024). Pengembangan media prezi berbantuan AR model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan Pancasila di SDN Wonosari 01 Kota Semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 698–707. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13411
Rizki, D., Rahmawati, N., Widodo, S. T., & Wahyuni, N. I. (2023). Pemanfaatan wordwall dalam meningkatkan minat belajar pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Gisikdrono 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 1812–1825. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2135
Saputro, I. M., Prihanta, W., & Sucipto. (2023). Problem based learning: upaya strategis peningkatan hasil belajar siswa kelas III Dalam pembelajaran PKn materi kewajiban di rumah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 33–43. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25308
Setyabrata, I. B., Sholikhah, O. H., & Satdewo, S. (2023). Implementasi PBL dalam pembelajaran KUMER meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas 4 sekolah dasar. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 2(1), 105–112. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4112
Sulaimah, E., & Wibawa, S. (2024). Analisis penerapan model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2548–6950. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12118
Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar: Inovasi melalui Strategi Habituasi dan Prigram Kegiatan Sekolah Berkarakter. Yogyakarta: Buku Baik.
Tugiyanto, A., Trisiana, A., & Supeni, S. (2023). Meningkatkan prestasi belajar PPKn kompetensi dasar hak dan kewajiban terhadap lingkungan melalui model pembelajaran problem based learning siswa kelas IV SDIT Mutiara Hati Ngargoyoso tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Global Citizen: Junal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 11–16. https://doi.org/https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.8829
Wahyuni, A. (2019). Relevansi model problem based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran PKn. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2019 “Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi, Persekolahan, Dan Kemasyarakatan Di Era Disrupsi.” https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/09/Arin-Wahyuni.-Universitas-Sebelas-Maret.pdf
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.368
Wijaya, R., Fahreza, F., & Kistian, A. (2019). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk mengembangkan karakter toleransi dan demokratis siswa pada pelajaran PKn kelas V di SD Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 49–60. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1277585
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.