PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMK SENTOSA BHAKTI BATURAJA

  • Putri Regina Angelia Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja
  • Arief Qosim Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja
  • Yamanto Isa Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja
  • Juhaidatur Rahmi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja
  • Halimatus Syakdiyah Magister Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek di SMK Sentosa Bhakti Baturaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Deskriptif. Populasi penelitian ini adalah Siswa di SMK Sentosa Bhakti Baturaja yang berjumlah 179 orang. Teknik Pengumpulan data adalah kuesioner dan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek di SMK Sentosa Bhakti Baturaja untuk indikator tahap 1: Dimulai dengan pertanyaan esensial diperoleh rata-rata persentase 80,03% dengan kategori baik, indikator tahap 2: Mendesain rencana proyek diperoleh rata-rata persentase 83,66% dengan kategori baik, indikator tahap 3: Membuat jadwal diperoleh rata-rata persentase 80,35% dengan kategori baik, indikator tahap 4: Memonitor peserta didik dan memantau perkembangan proyek diperoleh rata-rata 85,45% dengan kategori baik, indikator tahap 5: Menilai hasil diperoleh rata-rata 86, 21% dengan kategori baik sekali, dan untuk indikator tahap 6: Mengevaluasi pengalaman diperoleh rata-rata 84,06 dengan kategori baik. Kesimpulan darı hasil penelitian persepsi siswa tentang pelaksaan pembelajaran berbasis proyek di SMK Sentosa Bhakti Baturaja ini termasuk pada kriteria baik dengan persentase 83,29%, jadi pelaksaan pembelajaran berbasis proyek di SMK Sentosa Bhakti Baturaja telaksana dengan baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Susila, H. R., & Qosim, A. (2022). Strategi belajar dan pembelajaran: Untuk mahasiswa FKIP. Syiah Kuala University Press.

Rugiayah, & Atik Sismiati. 2013. Profesi kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Askal.

Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17-25. https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/18365. (diakses pada tanggal 12 Juli 2024)

Irawati, F., Natasyah, D., NurLaili, I., & Sugiarto, I. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Proyek. SNHRP, 5,1073-1078. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/660. (diakses pada tanggal 12 Juli 2024)

Rafik, M., Febrianti, V. P., Nurhasanah, A., & Muhajir, S. N. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif , 5(1),80-85. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/26342.

(diakses pada tanggal 12 Juli 2024)

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Susila, H. R., Qosim, A., Eriyanti, & Elfiana. (2024). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia . Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 107–114. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1061

Wicaksono, Soetam Rizky., Mustapa, Kasmudin., Rusmawati, Retno Danu. 2023. Evaluasi dalam Project Based Learning. Malang. CV Seribu Bintang.

Published
2024-07-31
How to Cite
Angelia, P., Qosim, A., Isa, Y., Rahmi, J., & Syakdiyah, H. (2024). PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMK SENTOSA BHAKTI BATURAJA. Jurnal Lentera Pedagogi, 8(1), 23-29. https://doi.org/10.54895/lentera.v8i1.2650