ANALISIS NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE

  • Dwi Asifasari Universitas Baturaja
  • Muhammad Rama Sanjaya Universitas Baturaja
  • Aryanti Agustina Universitas Baturaja
  • Muhammad Doni Sanjaya Universitas Baturaja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai didaktis dalam novel Hujan karya Tere Liye. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah teknik analisis karya. Pada penelitian ini menunjukkan adanya nilai didaktis yang terkandung dalam novel “Hujan” karya Tere Liye yang terdiri dari nilai kesusilaan atau budi pekerti, nilai kecerdasan, nilai sosial, nilai kemandirian, dan nilai kesabaran. Nilai kesusilaan atau budi pekerti yang terdapat dalam novel “Hujan” karya Tere Liye yaitu nilai yang berkaitan dengan watak dan nilai yang berkaitan dengan akhlak yang baik. Nilai kecerdasan berkaitan dengan cara berfikir kritis, logis, dan kreatif. Nilai sosial berkaitan dengan hak dan kewajiban, rasa tanggung jawab, dan toleransi. Nilai kemandirian berkaitan dengan kemampuan mengambil keputusan, rasa percaya diri, dan tanggung jawab atas apa yang dilakukan. Nilai kesabaran berkaitan dengan sabar dalam menerima cobaan hidup, dan sabar dalam pergaulan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa novel “Hujan” karya Tere Liye ini dapat dijadikan acuan untuk kehidupan di masyarakat karena mengandung nilai-nilai didaktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-28
How to Cite
Asifasari, D., Sanjaya, M., Agustina, A., & Sanjaya, M. (2021). ANALISIS NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE. Jurnal Lentera Pedagogi, 5(1), 11-18. https://doi.org/10.54895/lentera.v5i1.883