Efektivitas Strategi Explicit Intruction dalam Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Buay Sandang Aji
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Strategi Explicit Intruction dalam menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Buay Sandang Aji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Buay Sandang Aji yang berjumlah 79 siswa, jumlah sampel 27 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah tes dan tek analisis data adalah t test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Explicit Intruction baik digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Pada taraf signifikasi 5%, di peroleh t tabel 2,06 dan t hitung 7, 78. Dalam hal ini menunjukkan t hitung (7,78) lebih besar dibandingkan dengan t tabel. Berdasarkan penghitungan uji t, terbukti “t” > harga kritik “t tabel” (“t” lebih besar dari pada harga kritik “t tabel”). Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan yaitu “Strategi Explicit Intruction efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Buay Sandang Aji”. Artinya, strategi Explicit Intruction baik digunakan untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas VII SMP Negeri 2 Buay Sandang Aji.